Selasa, 05 Agustus 2008

HAL PENTING SEBELUM MEMBUAT SKRIPSI

Saya yakin semua mahasiswa pasti arti skripsi dan untuk apa skripsi itu dibuat. Sejatinya skripsi itu disyaratkan kepada mahasiswa untuk dapat menyelesaikan studinya dengan pertimbangan agar di masyarakat nanti mereka bisa menjadi individu-individu yang kritis dalam menghadapi masalah yang sesungguhnya di lapangan. Jadi skripsi bukan sekedar syarat dan hanya akan berakhir di perpustakaan kampus dan gudang di rumah. Boleh percaya atau tidak, tapi kebanyakan mahasiswa yang sudah menyelesaikan studinya sudah lupa dimana meletakkan skripsinya... Termasuk teman-teman saya ketika saya menanyakan skripsi. Alhasil saya menawarkan diri untuk menjadi "gudang" bagi skripsi mereka. Lebih baik saya yang menyimpannya karena siapa tahu bisa dilanjutkan dan bisa dijadikan buku.

Lalu bagaimana seharusnya kita mempersiapkan skripsi agar tepat dan cepat? Menurut sumber yang saya ambil dari mahasiswaumsu.com, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menyusun skripsi:
1. Siapkan Diri.
Hal pertama yang wajib dilakukan adalah persiapan dari diri Anda sendiri. Niatkan kepada Tuhan bahwa Anda ingin menulis skripsi. Persiapkan segalanya dengan baik. Lakukan dengan penuh kesungguhan dan harus ada kesediaan untuk menghadapi tantangan atau hambatan seberat apapun.

2. Minta Doa Restu.
Restu orang tua adalah tiada duanya. Kalau Anda tinggal bersama orang tua, mintalah pengertian kepada mereka dan anggota keluarga lainnya bahwa selama beberapa waktu ke depan Anda akan konsentrasi untuk menulis skripsi. Kalau Anda tinggal di kos, minta pengertian dengan teman-teman lain. Jangan lupa juga untuk membuat komitmen dengan pacar. Berantem dengan pacar bisa menjatuhkan semangat untuk menyelesaikan skripsi.

3. Buat jadwal kegiatan
Ini penting agar penulisan skripsi tidak telalu memakan waktu lama. Buat perencanaan yang jelas mengenai kapan Anda mencari referensi, kapan Anda harus mendapatkan judul, kapan Anda melakukan bimbingan atau konsultasi, juga target waktu kapan skripsi harus sudah benar-benar selesai.

4. Berdayakan Internet.
Internet memang membuat kita lebih produktif. Manfaatkan untuk mencari referensi secara cepat dan tepat untuk mendukung skripsi Anda.

5. Proaktif.
Dosen pembimbing memang “bertugas” membimbing Anda. Akan tetapi, Anda tidak selalu bisa menggantungkan segalanya pada dosen pembimbing. Selalu bersikaplah proaktif. Mulai dari mencari topik, mengumpulkan bahan, “mengejar” untuk bimbingan, dan seterusnya.

6. Fleksibel.
Skripsi mempunyai tingkat “ketidakpastian” tinggi. Bisa saja skripsi anda sudah setengah jalan tetapi dosen pembimbing meminta Anda untuk mengganti topik. Tidak jarang dosen Anda tiba-tiba membatalkan janji untuk bimbingan pada waktu yang sudah disepakati sebelumnya. Terkadang Anda merasa bahwa kesimpulan atau penelitian Anda sudah benar, tetapi dosen Anda merasa sebaliknya. Jadi, tetaplah fleksibel dan tidak usah merasa sakit hati dengan hal-hal yang demikian itu.

7. Siapkan Duit.
Skripsi jelas menghabiskan dana yang cukup lumayan, mulai dari akses internet, biaya cetak mencetak, ongkos kirim kuesioner, ongkos untuk membeli suvenir bagi responden penelitian, biaya transportasi menuju tempat responden, dan sebagainya. Jangan sampai penulisan skripsi macet hanya karena kehabisan dana.

Jika semua persiapan sudah dilakukan dengan baik, Insya Allah anda lebih ringan menyelesaikan skrispi dengan cepat dan lancar. Good luck!

Tidak ada komentar: