Senin, 21 Desember 2009

BERANI TAMPIL BEDA

Jika saya lihat, kebanyakan judul dan pembahasan dalam skripsi mahasiswa di Indonesia, umumnya isinya itu-itu saja. Jarang ada yang membuat terobosan baru dari segi isi. Terkadang ini juga yang membuat mahasiswa terhambat proses pengerjaan skripsinya. Karena pembimbing melihat, mungkin dari segi judul ada sedikit perbedaan dengan pembahasan terdahulu, namun secara umum dari segi isi cenderung sama. Pembimbing tentunya ingin melihat sesuatu yang baru, yang kalau memungkinkan bahkan bisa jadi melahirkan teori baru dalam bidang yang dibahas. Maka akhirnya pembimbing menolak proposal tersebut.

Tapi permasalahannya kebanyakan nahasiswa takut membuat terobosan baru dalam skripsi mereka. Mereka takut tidak bisa mempertahankannya di meja hijau. Ini sesuatu yang sangat disayangkan... Seharusnya sebagai mahasiswa, punya rasa 'petualangan ilmu' yang besar. Biar saja dihabisi, jangan takut tidak lulus, karena sesungguhnya kuliah itu bukan hanya perkara lulus atau tidak, nilai bagus atau rendah, cum laude atau tidak, tapi bagaimana kita bisa bermanfaat di masyarakat nantinya. Nah.., jika kita sudah memulai dengan sesuatu yang baru, itu bisa menjadi satu langkah baru yang dapat memberi manfaat pada masyarakat, terutama bidang yang kita geluti. Jadi para calon sarjana, BERANI TAMPIL BEDA... ;-)

1 komentar:

Al Qobidh Class mengatakan...

menemukan ide kreatif dan ide gila dalam penggarapan skripsi gmana caranya kaka ? >_< kadang terlalau takut think out the box.